Mengenal 4 Macam Kepribadian Ekstrovert

oleh -16 views
ekstrovert

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sudah menjadi pengetahuan umum kalau jenis kepribadian itu ada ekstrovert, introvert, dan ambivert. Dan seperti yang kita tahu,, orang dengan kepribadian ekstrovert cenderung ekspresif dan mudah bersosialisasi.

Tapi bukan berarti mereka tidak bisa menikmati kesendirian. Di lansir dari parapuan, berdasarkan teori Carl Jung dalam bukunya berjudul Psychologische Typen, ada empat jenis ekstrovert yang sering ditemui, antara lain:

1. Extroverted Sensors

Inilah kepribadian ekstrovert yang utama, orang dengan extroverted sensors menyukai rangsangan langsung dari dunia sekitarnya.

Mereka menggunakan panca indera (lihat, sentuh, dengar, rasa, dan bau) untuk memahami apa yang terjadi dan belajar dari situ.

Alih-alih fokus pada teori, extroverted sensors mempercayai pengalaman pribadi mereka terlebih dahulu dan menguraikan faktanya. Mereka lebih suka terlibat dalam aktivitas langsung, seperti olahraga atau aktivitas lain yang memberikan stimulasi fisik yang intens.

Tipe ini cenderung mudah bosan saat tidak melakukan sesuatu. Jadi, mereka suka bersosialisasi dan bertemu orang baru. Jika di kaitkan dengan MBTI (Myers-Briggs Type Indicator), contoh extroverted sensors adalah ESTJ, ESTP, ESFJ, dan ESFP.

2. Extroverted Intuitors

Berbeda dengan extroverted sensors, extroverted intuitors suka menggali ide-ide abstrak dan berfokus pada kemungkinan daripada apa yang sebenarnya terjadi.

Mereka suka bertukar ide dengan orang lain, di mana topiknya tentang percakapan intelektual yang mendalam. Dan mempertahankan ide atau prinsip, serta suka menyelidiki permasalahan yang belum terungkap.

Mereka menanyakan tentang potensi atau sebab-akibat terhadap suatu masalah. Jadi, inilah ekstrovert yang suka analisis. Apabila di kaitkan dengan tipe kepribadian MBTI, contoh extroverted intuitors adalah ENTJ, ENTP, ENFJ, dan ENFP.

3. Extroverted Feelers

Extroverted feelers sangat berorientasi pada orang. Mereka suka berada di sekitar orang untuk belajar dan berbagi pengalaman baru. Saat berada di sekitar orang, extroverted feelers merasakan bahwa hidupnya memiliki tujuan dan merasa puas.

Dari tipe ekstrovert lainnya, tipe inilah yang paling sedikit memiliki waktu untuk menyendiri guna memulihkan energi.

Tipe ekstrovert ini bersemangat untuk membentuk koneksi baru ketika berpartisipasi dalam acara sosial. Mereka sangat akomodatif dan selalu memperhatikan orang lain, memastikan semua orang bahagia.

Extroverted feelers adalah pembicara yang sangat baik. Serta, dapat beradaptasi dengan obrolan ringan dan percakapan mendalam. Jika di kaitkan dengan MBTI, contoh extroverted feelers adalah ENFJ, ENFP, ESFJ, dan ESFP.

4. Extroverted Thinkers

Extroverted thinkers tampil sebagai pemimpin alami dengan sifat tegas dan percaya diri mereka. Tipe ini suka menciptakan sistem terstruktur yang berjalan secara efisien dan berorientasi pada tujuan.

Mereka sering kali berprestasi, karena mereka mendapatkan energi dari bekerja keras untuk mencapai tujuan dan impiannya. Extroverted thinkers di dorong oleh tantangan baru dan senang menemukan solusi untuk masalah yang sulit.

Meskipun orang lain sering menganggap mereka agresif atau sombong, tapi mereka mampu menunjukkan pencapaian dan hasil yang baik. Kalau di kaitkan dengan tipe kepribadian MBTI, contoh extroverted thinkers adalah ENTJ, ESTJ, ENTP, dan ESTP.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.