Mengenal dan Mengetahui Cara Berpikir Kritis

oleh -79 views
berpikir kritis

ZETIZEN RADAR CIREBON – Di era digital ini, sebuah informasi bisa sampai di tangan public dengan kecepatan yang tak masuk akal. Entah itu informasi benar atau tidak, kita mendapatkan berita dari segala sumber yang terkadang kita tak tahu dari mana. Di sini pentingnya peran berpikir kritis.

Berdasarkan pernyataan Edward M. Glaser (2017), berpikir kritis adalah proses berpikir dengan menganalisis fakta-fakta untuk membentuk penilaian terhadap sesuatu. Dengan kata lain, critical thinking membutuhkan bukti-bukti mendukung agar suatu argumen bisa dipercaya.

Mereka yang berpikir kritis selalu mempertanyakan informasi yang diterimanya, seperti mengajukan pertanyaan ‘Apakah informasi ini berdasarkan benar atau firasat?’, ‘Dari mana sumber informasi?’, ‘Bagaimana kamu bisa tahu?’, dan lain sebagainya.

Dengan critical thinking, seseorang akan menyaring informasi secara rasional, bebas dari bias, dan mencoba memahami kelogisan antara ide-ide. Memiliki kemampuan ini dapat membantu kamu selamat dari berita bohong.

Manfaat Berpikir Kritis

Di lansir dari laman binaracademy, kegunaan dari berpikir kritis tidak hanya di bidang pendidikan saja, tetapi juga bisa diaplikasikan pada keseharian hidup. Seperti beberapa contoh berikut:

Baca juga: Ubah Pola Pikirmu Akan Stres dan Rasakan Hasilnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.