Menilik Fenomena Kesurupan Menurut Psikologi

oleh -50 views
Psikologi

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kesurupan selalu di kaitkan dengan hal mistis dan selalu saja hantu yang di salahkan karenanya. Padahal kalau kita lihat dari sudut pandang lain, kesurupan bisa menjadi hal yang lain seperti dalam bidang psikologi berikut ini.

Dalam ilmu psikologi yang di lansir dari laman pijarpsikologi kesurupan bisa di bahas secara teoritis dan tidak berkaitan langsung dengan makhluk gaib. Melainkan karena kondisi yang di alami oleh diri sendiri.

Kesurupan dari Kacamata Psikologi

Kesurupan dalam ilmu psikologi merupakan gangguan kesadaran yang di sebut sebagai Dissociative Identity Disorder atau gangguan identitas disosiatif. Simptom yang di tunjukan adalah adanya perubahan atau kehilangan identitas pribadi dan kehilangan kesadaran akan lingkungannya.

Perubahan identitas dan kesadaran ini di barengi dengan perubahan pada perilaku, memori dan cara berpikir.

Individu yang mengalami dissociative identity disorder ini juga mungkin akan mengalami pengalaman “menjadi roh yang keluar dari tubuhnya”, seakan-akan ia bisa melihat tubuhnya dari jauh.

Jenis Kesurupan

Sebelum masuk dalam kajian lebih dalam tentang kesurupan, ada empat jenis kesurupan yang ada di dunia ini yaitu kesurupan relijius, kesurupan budaya, kesurupan kuratif, dan kesurupan patologis. Kesurupan relijius ini berafiliasi dengan praktek agama atau kepercayaan tertentu.

Salah satu contohnya adalah glossolalia di dalam agama Kristen-Karismatik, yaitu sebuah kemampuan untuk berbicara dalam bahasa yang tidak di mengerti oleh manusia. Hal ini di percayai bahwa individu yang kesurupan sedang di ilhami oleh Roh Kudus.

Baca juga: Sering Nyalahin Orang Lain, Yuk Kenali Apa Itu Proyeksi Psikologis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.