Nkhungu, Burger Khas Afrika Berbahan Dasar Nyamuk

oleh -97 views
burger

ZETIZEN RADAR CIREBON – Saat kita mendengar makanan burger, pasti yang kita pikirkan adalah roti sandwich yang di tengahnya di isi oleh patty daging sapi, sayur-sayuran, saus dan mayones. Makanan khas Amerika dan Jerman ini banyak di gemari oleh orang-orang.

Tapi apa jadinya, kalau ada hamburger yang di tengahnya di isi ratusan ribu nyamuk? Menjijikan bukan?

Masyarakat Afrika telah mengetahui bahwa serangga mengandung jumlah protein yang sangat banyak bagi manusia. Dan nyamuk bukanlah sebuah pengecualian, sebuah makanan khas dari Malawi dan Kenya yang bernama Nkhungu.

Nkhungu merupakan makanan khas dari Afrika yang berbahan dasar nyamuk. Yang biasanya darah kita yang menjadi mangsa nyamuk, di wilayah tersebut nyamuk jadi mangsanya. Memang terdengar absurd dan tak lazim tapi makanan ini di percaya mengandung banyak protein.

Di sebutkan, setiap tahunnya di musim penghujan, nyamuk berkumpul dalam jumlah besar dan biasanya terbang dan berkumpul di Danau Victoria. Bukannya terganggu, masyarakat justru menjadikannya sumber protein dengan membuat burger nyamuk.

Berikut cuplikan video dari Nkhungu

Baca juga: 5 Makanan yang Dapat Membuat Kulit Kusam

Layaknya burger yang terbuat dari daging sapi, burger nyamuk di bua dari kumpulan nyamuk yang di tangkap warga sekitar Danau Victoria.

Meskipun terdengar menjijikan, kenyataannya adalah mereka mengandung protein bergizi yang dapat memenuhi salah satu nutrisi yang di butuhkna tubuh.

Di lansir odditycentral.com,  mulai dari anak-anak hingga orang dewasa menggunakan alat-alat sederhana seperti panci dan penggorengan yang dibasahi minyak atau air, menangkap nyamuk-nyamuk tersebut.

Panci di kibaskan di udara yang ada sekumpulan nyamuk berterbangan, mereka pun berhasil mendapatkan nyamuk penuh protein yang enak.

Baca juga: Makanan Pembakar Lemak di Dalam Tubuh (Bagian 2)

Nyamuk yang tertangkap, kemudian di kumpulkan dan di buat berbentuk seperti burger pada umumnya.

Di perkirakan untuk satu buah burger, mengandung sekitar 500.000 nyamuk, tetapi di percaya tujuh kali lebih bergizi daripada burger daging sapi pada umumnya.

Jenis nyamuk yang di jadikan olahan Nkhunggu berbeda dengan nyamuk rumahan pada umumnya. Nyamuk tersebut di ketahui masih berkerabat dengan serangga berjenis lalat. Terkesan tampak menjijikan bagi yang tak terbiasa melihat nyamuk sebagai bahan makanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.