,

Rusa Tikus, Rusa Yang Sering Di Fitnah Sebagai Pencuri Timun Ternyata Bukan!

oleh -243 views
Rusa Tikus yang tengah melihat kamera
Rusa Tikus merupakan hewan berkaki genap dan tercatat sebagai hewan punah.

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sobat Zetizen pasti saat kecil sering menyikan lagu “si kancil” yang mana dilirik tersebut ada sepatah kalimat “suka mencuri ketimun” faktanya binatang  yang disebut sebagai Rusa Tikus ini ternyata tidak selalu benar. Mengapa? Jika ingin lebih lanjut, simak artikel berikut ini. (tezz)

Rusa tikus atau Chevrotain merupakan berkuku genap kecil yang berasal dari keluarga Tragulidae yang di mana merupakan satu-satunya anggota infraorder Tragulina yang masih ada.

Hewan yang sudah punah

Rusa tikus atau mouse-deer saat ini terdiri atas 3 genus dan 8 spesies yang di temukan di Asia Tenggara dan Afrika. Dan hewan ini di katakan sebagai hewan yang sudah punah sejak terakhir kali pada tahun 1990. Bersumber dari IUCN (International Union for Conservation of Nature) mencatat status hewan ini sangat minim data. Sehingga masih sulit untuk ditentukan.

Morfologi si rusa tikus satu ini

Rusa tikus memiliki ukuran tubuh yang terbilang sangat kecil dari jenis rusa pada umumnya. Memiliki bulu warna keperakan di bagian kepala hingga kaki depan. Terkadang tubuhnya berwarna kecokelatan, dengan garis-garis putih dan cokelat kehitaman membujur di tenggorokan dan dadanya, dan garis hitam di tengkuknya. Namun, bulu pada bagian tubuh lainnya dari punggung hingga kaki belakang mirip seperti tikus hutan ( Apodemus sylvaticus).

Baca juga: Fakta Unik Musang Leher Kuning, Si Leher Kuning Imut Yang Ganas

Rusa Tikus lebih suka aktif di malam hari

Rusa tikus termasuk hewan yang aktif di waktu malam (nokturnal). Mereka gemar memakan dedaunan, buah, rerumputan segar, dan bagian-bagian tumbuhan lainnya di dasar hutan yang rapat dengan tumbuh-tumbuhan.

Tidak selalu menyukai timun

Dalam lirik lagu anak-anak, rusa tikus ini digambar suka sekali mencuri dan memakan timun. Namun, faktanya bukan dan sangat bertentangan. Di menurut Djalal Rosyidi, mahasiswa S3 Program Studi Ilmu Ternak dari IPB mengungkapkan hasil penelitian bahwa jika kancil di berikan berbagai makanan, ia akan memilih mentimun sebagai alternative terakhir di kala tak ada makanan lain lingkungannya.

Disebutkan bahwa kancil lebih menyukai daun atau buah-buahan yang harum dan lunak. Selain itu di katakan juga bahwa timun selain keras juga mengeluarkan lendir dan aroma yang tidak di sukai oleh kancil.

Hewan soliter

Chevrotain bukan termasuk binatang yang suka berkelompok. Biasanya ia hidup menyendiri (soliter) atau hanya bersama pasangannya dan tinggal di wilayah endemik di hutan hujan tropis.

Baca lainnya juga:

Predator Cantik Dari Sungai Amazon

Kucing Pallas, Si “Kucing Hantu” Dari Asia Tengah

Yuk! Kenalan Sama Meerkat, Hewan Menggemaskan Penghuni Afrika