Sering Berkaca Dan Merasa Keren Di Mata Orang? Yuk, Kenali Tanda Perilaku Narsistik Pada Dirimu

oleh -82 views
Sering-Berkaca-Dan-Merasa-Keren-Di-Mata-Orang?- Yuk-Kenali-Tanda-Perilaku-Narsistik-Pada-Dirimu
Narsistik adalah gangguan kepribadian di mana seseorang menganggap dirinya sangatlah penting dan memiliki kebutuhan untuk sangat dikagumi.

ZETIZEN RADAR CIREBON – Narsis! Kata ini tentu sudah akrab di telinga kita. Narsistik adalah gangguan kepribadian di mana seseorang menganggap dirinya sangatlah penting dan memiliki kebutuhan untuk sangat dikagumi. Sebutan itu muncul dari nama Dewa Yunani Narcissus. Konon, dia yang sangat jatuh cinta pada wajahnya, jatuh ke kolam saat sedang berkaca di permukaan air. Nah, mungkin, ada beberapa gejala Narsistik yang ada dalam diri sobat. Sedikitnya, ada tujuh tanda awal seseorang menderita NPD. Cobalah berkaca, apakah tanda-tanda itu ada pada sobat? (tezz)

Dalam sebuah obrolan, hampir semua objeknya selalu diri sendiri

Orang-orang dengan penyakit narsisistik senang sekali dalam menguasai sebuah obrolan setiap waktu. Contohnya, saat seseorang mengajakmu ngobrol soal masalah kesehatan mereka, Kamu bisa saja membalikkan topik menjadi hal-hal yang membuatmu stres di kantor atau kejadian yang menarik di dalam kantor mu. Apakah Kamu menemukan dirimu kerap mengganti topik obrolan menjadi topik tentang dirimu sendiri tanpa disadari? Atau, Kamu tidak mendengarkan masalah orang, dan hanya fokus berbagi cerita soal diri sendiri? Hati-hati, ini bisa menjadi tanda-tanda narsistik.

Orang narsisitik tidak mau mau  merasa salah

Orang-orang dengan penyakit narsistik tidak tahu bagaimana bertanggungjawab atas hal-hal yang mereka lakukan barusan atau sebelumnya. Jadi, saat seseorang marah kepadamu, Kamu justru berbalik menunjuk orang tersebut secara defensif. Atau juga bisa jadi justru kamu berbohong dan mencari-cari alasan untuk menghindari kesalahan. “Seperti itu bukan salah mereka dan mereka cenderung merasa seperti tidak dihargai. Ini bisa jadi tanda narsisme,” ujar Henderson.

Baca juga: Tips Membangun Komunikasi Efektif dan Efisien

Orang lain menyukaimu

Jika Sobat Zetizen percaya memiliki kekuatan di balik kesan pertama atau bahasa kerennya 1st Impression, sobat bisa jadi seorang narsistik. Memang, anda bisa menjadi seseorang yang mudah disukai, tapi orang-orang dengan penyakit narsistik menggunakan cara mereka sendiri untuk berada di atas, serta memiliki kesan menarik terhadap orang lain.

“Mereka sangat mudah disukai pada awalnya.” “Orang-orang mendekat dan menyukai mereka pada kesan pertama. Tapi setiap interaksi dengan orang lain pada waktu berikutnya, perlahan menimbulkan pengalaman negatif,” kata Henderson.

Lanjutan artikel ini ada di halaman berikutnya …

Baca artikel lainnya juga:

Orang narsistik suka dengan hal yang berbau mewah

Siapa yang tidak suka barang-barang bagus dan mewah? Tapi, jika Sobat secara terus menerus menghabiskan uang untuk membeli hal-hal yang di luar keperluanmu, ini bisa menjadi masalah. Apalagi jika anda melakukannya untuk menunjukkan statusmu kepada orang lain. “Mereka materialistik dan suka menunjukkan status serta menonjolkan gengsi.” “Jika mereka sering pamer barang-barang yang mereka baru beli, bisa jadi mereka narsistik,” ujar Henderson lagi.

Narsistik merasa dirinya spesial

Hawkins mengatakan, mereka yang menderita NPD akan memamerkan kebesaran diri dan menunjukkan seberapa penting diri mereka. Mereka juga seolah hidup di alam fantasi yang mendukung delusi itu. Fantasi-fantasi tersebut yang mereka utarakan bisa berkaitan dengan kesuksesan, kekuatan, kecantikan, intelegensi atau kehidupan percintaan yang ideal, ujar Hawkins.

Mengambil keuntungan dari orang lain

Seringkali, mereka yang menderita NPD memendam kecemburuan mendalam terhadap orang lain, dan mengasumsikan orang lain juga cemburu pada mereka. Sehingga, mereka cenderung mengeksploitasi hal itu tanpa rasa bersalah dan malu.

Baca artikel lainnya juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *