Wajib Kamu Kuasai 7 Hal ini Sebelum Tua!

oleh -14 views
wajib

ZETIZEN RADAR CIREBON – Usia remaja adalah umur keemasan bagi kita untuk mengeksplor diri dan mengksplor dunia. Tapi, kita juga akan menghadapi berbagai rintangan yang belum pernah kamu hadapi, khusunya dalam diri. Kamu wajib bertanggung jawab akan diri kamu sendiri.

Mumpung fisik dan otak masih bekerja dengan optimal, kita wajib menguasai beberapa kemampuan untuk bekerja nanti.

1.      Sanggup menerima kritik

Kamu perlu belajar untuk menerima kritikan dari orang lain. Jangan terpancing emosi, namun dengarkan kritikan tersebut. Memang hal ini tidak mudah dilakukan. Anggap saja kitik tersebut sebagai suatu masukan atas performa yang telah kamu berikan.

Kebanyakan kritik bersifat membangun, jadi tidak perlu sakit hati apabila orang lain mengkritik. Sadar atau tidak, ketika kamu menerima kritikan dari orang lain sama halnya dengan menjadi pribadi lebih baik. Kamu tak perlu malu dan kesal. Jadilah diri sendiri yang dewasa dan tenang.

2. Belajar untuk meminta maaf.

Berbuat salah adalah manusiawi, namun banyak orang yang tak mau mengakui kesalahannya. Mereka sulit untuk mengajukan permintaan maaf. Tentunya sifat ini bukan suatu yang patut di pertahankan.

Meminta maaf juga bukan sekadar meminta maaf saja, jika kamu merasa bersalah minta maaf wajib tulus. Hal itu akan membuat kamu tampak dewasa dan menjadi pribadi yang menyenangkan.

Baca juga: Apology Language! 5 Cara Seseorang Meminta Maaf

3. Bersikap jujur.

Berbohong bukanlah merupakan hal yang perlu di pertahankan, baik itu berbohong pada diri sendiri maupun orang lain. Sudah saatnya kamu untuk menghentikan kebiasaan berbohong dan mulai bersikap jujur.

Mungkin jujur akan sedikit membuat orang lain merasa tidak nyaman. Misalnya ketika ada teman meminta pendapatmu mengenai penampilannya. Jika kamu tidak tertarik atau memang kurang menarik, maka katakan saja. Namun gunakanlah kata-kata yang sopan dan bisa di terima orang lain.

4. Katakan ‘tidak’ dengan sopan.

Kebanyakan orang takut mengatakan ‘tidak’ karena takut mengecewakan orang lain. Jika ada seseorang yang sedang membutuhkan bantuan, namun kamu benar-benar tidak bisa membantunya. Kamu sebaiknya katakan dengan sopan bahwa kamu belum bisa membantunya.

Mengatakan ‘tidak’ dalam kondisi yang memang tidak memungkinkan, itu akan membuat kamu jauh lebih lega karena sudah melepas beban yang memang tidak bisa kamu lakukan saat itu.

Baca juga: Intrapersonal Skill! Cara Membentuk Pribadimu

5. Pandai menempatkan diri.

Selain di tuntut untuk bisa berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain, kamu juga wajib bisa menempatkan diri dengan baik di berbagai kondisi. Jika kamu bisa menerapkan keterampilan ini, kamu bisa dengan mudah menerima dan menghargai berbagai karakter orang yang di temui.

6. Kemampuan berinteraksi sosial.

Manusia adalah makhluk sosial yang tak bisa hidup sendiri. Tentunya kita semua sudah tahu akan hal ini bukan? Oleh karenanya ketika kamu masih berusia 20 tahunan, kamu perlu memperbanyak kemampuan bersosialisasi.

Kamu bisa memulainya dengan bergabung dengan beberapa kegiatan sosial. Dengan begitu kamu dengan mudah bisa membangun hubungan sosial di manapun kamu berada kelak.

7. Berhenti membandingkan.

Kita semua sudah tahu bahwa setiap orang di lahirkan ke dunia ini dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi tidak tepat rasanya jika kamu membandingkan diri mu dengan orang lain.

Kamu jangan merasa minder, kamu wajib tahu bahwa kamu adalah sosok yang di berikan kelebihan yang mungkin tidak di miliki oleh orang lain. Daripada kamu sibuk membandingkan diri dengan orang lain, ada baiknya untuk melakukan hal bermanfaat lainnya agar kamu bisa menikmati hidup dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.