,

Yuk! Kenalan Sama Meerkat, Hewan Menggemaskan Penghuni Afrika

oleh -262 views
Meerkat, hewan imut yang suka bersosial dari Afrika

ZETIZEN RADAR CIREBON – Siapa yang tida kenal dengan Timon dalam film The Lion King? Iya, Timon merupakan teman dari Simba dan Pumba, dia memiliki karakter yang terkadang egois dan sedikit penakut namun, dia memiliki hati yan baik dan ramah terhadap teman dan keluarganya. Bicara soal Timon, Timon sendiri merupakan hewan Meerkat. Kalian tahu apa itu Meerkat? Jika sobat belum tahu soal hewan satu ini. Yuk kita berkenalan dengan hewan imut nan mungil ini. (tezz)

Meerkat atau Suricate merupakan hewan mamalia anggota Mongoose dan keluarga dari Herpestidae. Mereka memiliki ciri khas bentuk wajah yang kecil dan mata yang besar yang di kelilingi corak gelap.

Asal Meerkat

Hewan ini tinggal di daerah Gurun yang terletak di Botswana dan Afrika Selatan. Hewan ini mendiami daerah terbuka yang kering, seperti semak belukar dan sabana. Mereka biasanya tinggal di tempat yang memiliki banyak tanah berpasir di mana mereka dapat menggali liang bawah tanah yang rumit. Habitat kompleks ini memiliki banyak terowongan yang mengarah ke banyak kamar tidur.

Jadi meski dilihat hanya 1 lubang namun, mereka memiliki banyak akses jalan masuk keluar, dan fungsinya pun sebagai menghindari predator sepeerti ular dan elang lho sob.

Hewan Sosial

Meerkat sendiri merupakan hewan yang sayang dengan keluarga lho. Mereka hidup secara berkelompok, satu kelompoknya pun bisa berisi 50 ekor dan membagi mereka menjadi kelompok kecil yang terdiri dari 10 sampai 15 ekor. Bisa terdiri dari 1 keluarga dan sejumlah individu dari kelompok lainnya.

Baca juga: Berkenalan Dengan Ikan Pari Manta

Meerkat Suka Bergotong Royong dan suka bekerja sama

1 kelompok meerkat memiliki perannya masing-masing. Ada yang membantu mengumpulkan makanan, ada yang mengawasi predator, dan ada meerkat yang mengawasi bayi-bayi mereka.

Jika ada yang sebagai pengawas predator sedang berjaga, mereka akan membuat berbagai macam suara yang berbeda untuk berkomunikasi dengan kelompoknya.

Jika meerkat pengawas sedang berjaga, mereka akan membuat berbagai macam suara yang berbeda untuk berkomunikasi dengan kelompoknya.

Suka Memperbaiki Rumahnya

Meerkat biasanya akan berlindung dan membangun rumah di liang bawah tanah. Mereka suka membangun tempat tinggal baru atau memperbaiki tempat tinggalnya. Karena dia merupakan hewan pintar dalam menggali tanah, mereka akan membuat 15 pintu untuk keluar, berbagai macam kamar, dan banyak sekali.

Sumber: bobo.grid.id & animalcorner.org

Baca juga: Hiu Karpet Berbintik, Hewan Endemik Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.