5 Bentuk Gaslighting dalam Hubungan

oleh -9 views
hubungan

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sebuah hubungan pasti akan ada masalah kelak nanti. Tergantung kualitas hubunganmu dengannya, bisa saja sering dan intens, bisa juga sesekali. Tapi beda cerita bila sudah berubah menjadi toxic, hubungan yang bersifat manipulatif atau gaslighting.

Menurut Wikipedia, istilah gaslighting sendiri mulai muncul dari pementasan drama berjudul Gaslight. Drama ini menceritakan tentang seorang suami yang memiliki sifat manipulative terhadap istrinya dan mencoba meyakinkan istrinya bahwa ada permasalahan yang terjadi dalam diri istrinya.

Melansir dari Health Line, gaslighting sendiri adalah bentuk dari kekerasan emosional yang dapat terjadi pada hubungan antara sepasang kekasih. Bukan hanya kekasih, namun hubungan pertemanan pun juga berpotensi terjadinya kasus gaslighting.

Biasanya ini terjadi dengan cara memaksa korbannya untuk mempertanyakan pemikiran mereka, memori, dan juga kejadian yang terjadi di sekitar mereka.

Untuk mengetahui lebih jauh, beberapa tindakan berikut ini kerap terjadi dalam hubungan percintaan dan merupakan bentuk dari tindakan gaslighting.

Baca juga: Self Gaslighting! Definisi dan Cara Menghentikannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.