Belajar Jadi Lebih Pintar Setiap Harinya

oleh -11 views
beajar

ZETIZEN RADAR CIREBON – Dulu istiah buta huruf di beri pada orang yang tidak bisa membaca dan menulis. Seiring berkembangnya zaman, istilah buta huruf juga berkembang. Kini orang yang sudah menolak untuk terus belajar lah yang di sebut sebagai buta huruf.

Dengan anugrah luar biasa yang Tuhan berikan, kita harus menggunakannya secara optimal. Terus bagaimana caranya untuk menjadi lebih pintar setiap harinya? Berikut telah di lansir dari laman idntimes.

1. Meningkatkan rasa keingintahuan

Pemicu utama yang membuat seseorang haus akan ilmu adalah adanya rasa ingin tahu. Mereka ingin mencari jawaban dari berbagai kejadian. Oleh sebab itu, mereka berusaha untuk belajar dengan giat agar bisa mendapatkan hasil terbaik.

Sekarang terapkan rasa keingintahuan tersebut pada dirimu. Bila biasanya kamu tidak peduli akan sesuatu, cobalah untuk memberikan perhatian lebih. Kamu akan mendapatkan banyak sudut pandang baru yang selama ini tidak pernah disadari, sehingga timbul pemicu untuk selalu belajar.

Baca juga: Sebelum Memberikan Saran, Perhatikan 5 Hal ini

2. Senang memperhatikan sesuatu

Ilmu bisa berasal dari banyak sumber, termasuk dari apa pun yang ada di sekitarmu. Oleh sebab itu, berhentilah sejenak dan coba untuk memperhatikan segala sesuatu.

Kamu bisa mendapatkan pengetahuan baru dari anak kecil yang sedang bermain, roda sepeda yang sedang berputar, atau dari seekor kucing yang sedang membersihkan diri. Semua itu sumber ilmu, jadi perhatikanlah bagaimana hal tersebut bekerja.

3. Tidak gengsi belajar dari orang lain

Salah satu penghambat terbesar masuknya ilmu adalah rasa gengsi yang terlalu besar. Kamu takut dipandang sebagai orang yang tidak pandai karena meminta orang lain untuk menjelaskan tentang sesuatu.

Mulai sekarang, buang jauh gengsi tersebut. Tanamkan dalam benakmu bahwa ilmu dapat dimiliki oleh siapa saja, sehingga tidak perlu malu untuk bertanya, bahkan kepada yang lebih muda.

Semakin banyak kamu belajar dari orang lain, semakin banyak informasi baru yang bisa kamu peroleh. Hasilnya, wawasan akan terbuka lebar dan level kepandaianmu juga meningkat.

Baca juga: Merdeka Belajar Pulihkan Pendidikan! Apa Iya?

4. Bersedia menerima kritik

Kritik memang sesuatu yang terkadang sulit untuk di terima, terlebih jika kritik yang di sampaikan begitu tajam. Namun, jangan terburu-buru untuk menolak, sebab tidak semua tanggapan tersebut bersifat buruk dan menjatuhkan.

Pandailah menyaring segala kritik yang datang kepadamu. Bila di rasa tanggapan tersebut berisi sesuatu yang bisa membantu pengembangan diri, dengarkan dan resapi, serta segera lakukan perubahan ke arah yang lebih positif. Buat kritik yang tidak bermanfaat, cukup di dengarkan lalu segera di abaikan.

5. Sabar dalam belajar

Nah, setelah “kecanduan” belajar, biasanya kamu akan merasa bersemangat. Ada keinginan untuk menggali ilmu sedalam-dalamnya hingga mendapatkan pemahaman yang utuh. Namun, terkadang muncul fase di mana kamu jenuh dan pesimis karena ternyata yang di pelajari cukup sulit.

Jangan khawatir, kawan. Ini merupakan bagian dari proses panjang dalam belajar. Kamu harus bersabar dan menikmati setiap fase yang terjadi karena dalam proses tersebut pun terdapat banyak ilmu. Jadi, tetap semangat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.