Manusia dan Trend dari Kacamata Psikologi

oleh -28 views
manusia

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sebagai pengguna media sosial, kita pasti sering mendapati tren yang sedang hangat. Bahkan sampai pada suatu titik, tren berubah menjadi suatu yang memuakkan. Tapi banyak manusia yang melakukan trend tersbut.

Lalu pertanyaanya, kenapa manusia mudah mengikuti tren? Di kutip dari Psychology Today, hal ini di karenakan psikologi sosial di mana manusia berpikir tentang sesuatu, lalu mempengaruhi orang lain, dan kehidupannya sangat berkaitan erat antar satu sama lain.

Penelitian menyebutkan, ternyata seorang individu tidak memiliki kendali atas pikiran dan perilaku seperti yang dia pikirkan.

Dampak hidup dalam kelompok

Dalam penelitian yang di lakukan psikolog Perancis Serge Moscovici dan Marisa Zavalloni, seseorang akan menunjukkan sikapnya terhadap suatu hal lebih lantang jika menemukan orang lain juga menunjukkan sikap yang sama.

Sehingga jika mendapat penguatan dari orang lain, ia bisa lebih yakin dengan apa yang di pikirkan sebelumnya. Misalnya, seseorang ingin membeli ponsel bermerek seri terbaru hanya karena ingin. Kemudian ia bertemu dengan temannya yang juga ingin membeli ponsel yang sama.

Ketika terjadi komunikasi di antara keduanya, ada pertukaran informasi di sana. Misalnya, pendapat tentang ponsel, kelebihan yang di miliki, mengapa harus membeli, dan sebagainya. Secara psikologis, itu menambah keyakinan satu sama lain untuk merealisasikan keinginannya.

Mungkin, jika ia tidak bertemu dengan orang lain yang juga memiliki keinginan yang sama, ia tidak jadi membeli ponsel itu. Apalagi, jika ia bertemu dengan orang yang memiliki pikiran bertolak belakang dengannya. 

Baca juga: Alasan Kenapa Manusia Bukan Tempat Untuk Berharap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.