Merasa Lelah Setiap Saat? Ini Penyebabnya

oleh -16 views
lelah

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kamu pernah pernah merasa loyo setiap saat? Rasa lelah yang terus bertahan dan tak mau hilang walau sudah mencoba berbagai hal. Di lansir dari laman hallosehat, rasa lelah yang bertahan lama bisa saja tanda gangguan kesehatan.

Berikut merupakan beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab badan Kamu terus-terusan lemas.

1. Gaya hidup yang kurang sehat

Seiring hiruk-pikuknya kehidupan, tentu tuntutan hidup akan semakin menumpuk. Kesibukan bisa membuat Kamu kesulitan menjalani gaya hidup yang sehat. Hal ini lantas berujung pada rasa lelah atau lemah yang terus-terusan muncul.

Beberapa kebiasaan buruk yang dapat membuat Kamu merasa kelelahan antara lain kurangnya aktivitas fisik, kurang tidur, terlalu banyak pekerjaan, atau pola shift kerja yang berubah-ubah.

2. Depresi

Depresi merupakan salah satu gangguan kesehatan mental yang juga kerap menjadi penyebab badan lemas. Kondisi ini ditkamui dengan perasaan atau ketidakbahagiaan terus menerus yang dapat berdampak pada kesehatan fisik.

Kelelahan akibat depresi bahkan dapat memangkas habis energi Kamu dan membuat Kamu tidak bersemangat di siang hari. Selain rasa lelah, gejala yang muncul ketika Kamu merasa depresi yakni kelelahan, sulit tidur, nafsu makan berkurang, dan sulit berkonsentrasi.

3. Sleep apnea

Sleep apnea merupakan gangguan tidur yang membuat pernapasan Kamu sering berhenti selama tidur. Seseorang yang memiliki kondisi ini bisa mengalami henti napas selama beberapa detik. Akibatnya, organ tubuh terutama otak tidak mendapatkan oksigen yang cukup.

Ketika apnea terjadi, otak, jantung, ginjal, dan organ-organ penting lainnya tidak mendapatkan cukup oksigen. Karbon dioksida juga menumpuk di dalam tubuh. Bila sudah demikian, otak pun mengirimkan sinyal pada tubuh untuk mengambil napas.

Baca juga: Lelah Setiap Saat? 5 Tips untuk Menaikan Energi Anda

Alhasil, Kamu jadi terbangun tengah malam hanya untuk bernapas. Jika siklus ini muncul berkali-kali setiap malam, Kamu akan kurang tidur dan selalu merasa lelah seperti tidak pernah beristirahat.

4. Anemia

Anemia merupakan kurangnya jumlah sel darah merah atau kandungan hemoglobin di dalam darah. Orang dengan anemia tidak mampu membuat sel-sel darah merah yang cukup untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh mereka.

Badan lemas dan kelelahan merupakan gejala yang paling sering dialami pengidap anemia. Selain itu, anemia juga dapat menyebabkan gejala lain seperti kedinginan.

5. Penyakit tiroid

Kelenjar tiroid merupakan salah satu kelenjar endokrin terbesar pada tubuh manusia. Kelenjar ini berfungsi untuk mengatur kecepatan tubuh membakar energi, membuat protein, dan mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormon lainnya.

Kadar hormon tiroid dalam tubuh harus seimbang. Bila produksinya terganggu akibat penyakit tiroid, Kamu bisa mengalami kelelahan terus-menerus akibat produksi energi yang berkurang.

Baca juga: Alasan Kita Mengantuk Setelah Perut Kenyang

Selain itu, beberapa penyakit tiroid juga dapat menyebabkan perubahan suasana hati, kenaikan berat badan drastis, dan perasaan kedinginan sepanjang waktu.

6. Penyakit jantung

Penyakit jantung ternyata juga bisa menjadi penyebab badan lemas yang Kamu rasakan. Banyak pasien penyakit jantung yang mengeluh kelelahan, bahkan bila gejalanya tidak sedang kambuh.

Rasa lelah akan semakin memburuk setelah Kamu berolahraga atau melakukan aktivitas fisik. Jika Kamu mengalami kondisi serupa, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter.

  • Belajar Sejarah jadi Seru Bersama Hetalia World Stars

    ZETIZEN RADAR CIREBON – Seringnya kita menganggap pelajaran sejarah itu membosankan, bikin mumet, pusing, susah dipahami dan segudang alasan lainnnya. Yang nantinya akan

  • Lirik Lagu Wavin’Flag BAE

    ZETIZEN RADAR CIREBON – Wavin’Flag adalah salah satu lagu dalam CD Paradox Live Opening Show -Road to Legend-. Kemudian, lagu Wavin’Flag di persembahkan

  • Moriarty the Patriot Cocok untuk Kamu Pecinta Sherlock Holmes

    ZETIZEN RADAR CIREBON – Moriarty the Patriot cocok untukmu pecinta kisah detektif, terutama detektif kondang Sherlock Holmes. Berlatar tempat di London pada era

  • Rekomendasi Anime Ringan dan Santai (part 1)

    ZETIZEN RADAR CIREBON – Kamu lagi butuh hiburan? ‘Gimana jika nonton rekomendasi anime berikut, suasanya animenya santai kok, warm, ada komedinya juga, jadi

  • Bungo Stray Dogs Season 4 dan Kejutannya

    ZETIZEN RADAR CIREBON – Bungo Stray Dogs Season 4 akhirnya kembali membawa angin segar bagi para fansnya. Setelah menanti sejak kabar pertama di

  • Rekomendasi Anime Ringan dan Santai (part 2)

    ZETIZEN RADAR CIREBON – Kamu lagi butuh hiburan? ‘Gimana jika nonton rekomendasi anime berikut. Suasa animenya santai kok, warm, ada komedinya, alurnya juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.