Merayakan Hari Jomblo Sedunia 11 November

oleh -13 views
jomblo sedunia

ZETIZEN RADAR CIREBON – Bagi para jomblo, tanggal 11 November merupakan hari yang membahagiakan bagi mereka. Pasalnya pada tanggal tersebut, tepatnya pada hari Jumat 11 November nanti di peringati sebagai hari jomblo sedunia atau World Single Day.

Sejarah Hari Jomblo Sedunia 11 November

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi online, jomblo merupakan kata tak baku dari jomlo. Adapun jomlo menurut KBBI memiliki tiga arti, yaitu gadis tua, pria atau wanita yang belum memiliki pasangan hidup, atau tidak ada pasangan.

Dilansir detikNews, peringatan Hari Jomblo Sedunia di awali oleh mahasiswa Universitas Nanjing, Tiongkok, pada 1993 silam. Saat itu mereka merayakan status jomblo mereka pada tanggal 11 November atau bulan ke-11.

Sebab, tanggal 11 bulan 11 menyerupai empat batang kayu telanjang atau ‘bare stick’ yang merupakan bahasa gaul Cina dengan arti lajang. Sejak itu, tanggal 11 November di peringati sebagai Hari Jomblo Sedunia.

Merayakan Hari Jomblo dengan Belanja

Tiap tanggal 11 November, para jomblo di Tiongkok menunjukkan kebanggaan mereka akan status lajang mereka. Hari Jomblo Sedunia biasanya di rayakan dengan cara membahagiakan diri sendiri. Mulai dari berbelanja, menikmati makanan enak, membeli hadiah, jalan-jalan, dan lain-lain.

Baca juga: Belajar Jadi Lebih Pintar Setiap Harinya

Hari Jomblo Sedunia sempat di kenal dengan gerakan anti valentine. Pada 2009, Jack Ma, pendiri e-commerce Alibaba, mengubah ‘gerakan’ tersebut. Dia mengajak kaum jomblo di Tiongkok untuk merayakan festival belanja.

Untuk memeriahkan International single day , banyak e-commerce yang menawarkan diskon besar untuk berbagai produk mereka dan di jual selama 24 jam. Hal itu terinspirasi oleh platform milik Alibaba, yakni Tmall.

Di kutip dari situs Forbes, peringatan Hari Jomblo Sedunia tak jauh berbeda dengan Black Friday dan Cyber Monday yang diperingati di Amerika maupun Eropa. Acara tersebut juga berkaitan erat dengan e-commerce Alibaba.

Baca juga: Sinopsis Film 47 Meters Down: Uncaged, Masuk Kawasan Hiu Mematikan

Pada Hari Jomblo Sedunia 2017, grup Alibaba mencatat pembelian paling tinggi berasal dari peralatan rumah tangga, elektronik, dan peralatan mobil. Jack Ma pernah membuka gudang otomatis yang di kelola oleh robot karena pesanan yang membludak.

Berbagai macam tempat e-commerce yang ada di Indonesia seperti Shopee, TokoPedia, dan lain-lain juga akan mengadakan diskon 11.11. Hal ini bisa jadi kesempatan bagi para jomblo untuk bahagia walau tak memiliki pasangan, dengan membelanjakan uang mereka untuk mereka sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.