Pistanthrophobia! Takut Menjalin Hubungan Baru

oleh -13 views
pistanthrophobia

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kita semua sudah mengenal dengan trust issue, kondisi di mana kita sulit percaya pada orang lain. Pada kondisi yang sudah ekstrim, rasa curiga itu berubah menjadi rasa takut yang bernama pistanthrophobia.

Pistanthrophobia adalah jenis phobia spesifik. Orang yang mengalaminya akan merasa takut percaya pada orang lain saat akan memulai hubungan asmara. Konsekuensinya, seseorang bisa kerap merasa kecewa atau mengalami hubungan yang menyakitkan.

Mereka bisa sangat tidak nyaman dan menghindari pembahasan yang intim, mendalam, dan berkaitan dengan romantisme sebuah hubungan. Sebab, hal ini dapat mengingatkan pada pengalaman pahit di masa lalu sehingga memicu ketakutan.

Dana McNeil, seorang terapis pernikahan dan keluarga, mengatakan mereka memiliki rasa takut terluka atau di kecewakan lagi. Karenanya, mereka sulit percaya pada orang lain dan menghindari berada dalam hubungan yang terlalu dalam.

Tujuannya adalah agar tidak merasakan pengalaman menyakitkan serupa di kemudian hari. Sayangnya, mekanisme pertahanan diri justru membuat mereka sulit melihat sisi positif orang lain. Mereka juga tidak berusaha berdamai dengan ketakutannya.

Akibatnya, pengidap pistanthrophobia bisa merasa kesepian dan kesulitan menciptakan support system yang di butuhkan.

Apa Penyebab?

Pistanthrophobia di picu seseorang atau kejadian tertentu. Contohnya, orang yang pernah mengalami masa lalu buruk pada hubungan asmara sebelumnya.

 Entah itu di khianati, di tolak, atau di lukai. Ketika rasa sakit hati ini begitu dominan, bisa saja menyebabkan seseorang sulit menjalin hubungan baru.

Orang dengan pistanthrophobia seakan hidup dengan teror yang datang terus menerus. Akibatnya, mereka akan menghindari jenis hubungan dekat dengan siapa pun, terutama yang berkaitan dengan asmara.

Tak hanya karena trauma hubungan masa lalu, pistanthrophobia juga bisa muncul ketika seseorang tidak memiliki cukup kepercayaan diri. Ini bisa terjadi karena pengalaman buruk seperti pengkhianatan, namun tak selalu dari pasangan.

Bisakah pistanthrophobia disembuhkan?

Di kutip dari sehatq, dengan konsistensi dan komitmen, penanganan terhadap pistanthrophobia bisa membantu penyembuhan. Tak hanya bisa menghilangkan rasa takut percaya kepada orang lain, perlahan orang dengan pistanthrophobia bisa mulai berani terlibat dalam hubungan percintaan.

Sebenarnya, aspek ini bukan hanya sedangkal membuat seseorang memiliki pasangan saja. Ketika sudah masuk ke ranah pistanthrophobia, artinya tak hanya kesehatan mental saja yang bermasalah. Faktor kesehatan fisik juga bisa menjadi taruhannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.