Self-Talk: Manfaat Berbicara dengan Diri Sendiri

oleh -8 views
self-talk

ZETIZEN RADAR CIREBON – Banyak orang berpikir bahwa berbicara sendiri itu gila, memang iya! Beda dengan berbicara dengan diri sendiri atau self-talk yang bertujuan untuk menguatkan diri agar bisa mengatasi suatu tantangan.

Kalau Kamu tiba-tiba berbicara dengan diri sendiri, bukan berarti Kamu gila. Apa saja manfaat bicara sendiri alias self-talk? Berikut ini uraian lengkapnya yang di lansir dari hellosehat.

Pentingnya bicara dengan diri sendiri

Sebuah riset yang dilakukan di University of Michigan menemukan bahwa orang-orang yang terkadang berbicara pada diri sendiri menjelang presentasi atau rapat penting biasanya berprestasi lebih baik.

Tidak hanya itu, mereka juga lebih jarang mengalami gangguan kecemasan atau meragukan diri sendiri.

Selain itu, self-talk bisa membuat ingatan atau memori Kamu terstimulasi. Ketika Kamu berbicara dengan lantang, Kamu merangsang lebih banyak indera dibanding ketika berbicara pelan.

Manfaat berbicara dengan diri sendiri

Berbicara dengan diri sendiri bisa meningkatkan memori atau ingatan Kamu. Itulah salah satu manfaat paling penting dari melakukan self-talk.

Selain itu, menurut penelitian The Quarterly Journal of Experimental Psychology, manfaat lainnya dari self-talk yakni sebagai berikut.

1. Menyalurkan emosi

Ketika Kamu kesal atau merasa marah, misalnya saat berada di jalan raya yang macet, Kamu mungkin pernah berbicara sendiri atau bahkan berteriak.

Tanpa Kamu sadari, hal ini lama-kelamaan akan membuat Kamu lebih tenang. Dari sinilah bicara sendiri bisa mendukung proses pelepasan emosi.

2. Jadi lebih fokus

Saat seseorang menulis sambil membaca apa yang ditulisnya, otak secara perlahan akan jadi lebih fokus pada satu hal. Dengan meningkatnya fokus, kemampuan otak untuk mengingat jadi ikut meningkat.

3. Meningkatkan motivasi

Saat Kamu sedang mempersiapkan diri menghadapi sesuatu, misalnya presentasi, cobalah self-talk. Hal ini bisa meningkatkan motivasi Kamu dan menghilangkan kecemasan yang sebelumnya menggerogoti diri.

4. Membantu Kamu mengatur jadwal

Apa yang ada di dalam pikiran kita kadang memang terlalu banyak sampai kita berpikir dan bicara sendiri. Setelah ini Kamu harus berbuat apa, melakukan apa, dan sebagainya.

Lewat berbicara dengan diri sendiri, pelan-pelan Kamu akan mulai belajar mengatur jadwal untuk diri dan mengorganisasi hal-hal yang harus dilakukan.

5. Mampu menganalisis masalah sendiri

Kadang saat punya masalah, Kamu terbiasa curhat dengan teman atau pasangan. Namun, dengan bicara kepada diri sendiri, Kamu justru akan lebih mampu menganalisis situasi masalah Kamu sendiri.

Selain itu, Kamu juga akan memahami suara hati sendiri dan menemukan apa yang benar-benar Kamu inginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.